10 Cara Merawat Hardisk Dengan Benar Agar Kinerja Komputer Tidak Menurun

//
tasikota.com - Tips dan cara merawat hardisk dengan baik dan benar agar kinerja komputer tidak menurun dan terhindar dari bad sector.

Hardisk adalah suatu komponen atau atau hardware yang sangat penting sekali dalam komputer. fungsi dari hardisk adalah untuk menyimpan file dan data data kita ke komputer tanpa hardisk juga komputer kita tidak akan bisa digunakan.
Berikut ini tasikota akan menjelaskan tentang cara merawat hardisk agar terhindar dari kerusakan seperti bad sector atau juga kerusakan lainnya yang menyebabkan kinerja komputer anda tidak menurun atau sering hang. karena hardisk merrupakan hardware yang mahal dan rentan akan kerusakan.

Cara Merawat Hardisk Dengan Benar Agar Kinerja Komputer Tidak Menurun

Cara merawat hardisk internal atau external laptop komputer anda agar tidak cepat rusak


1. Jangan menyimpan file atau document sampai membuat kapasitas hardisk anda penuh, apalagi di drive c atau system komputer anda, karena akan membuat kinerja komputer anda akan menurun karena kehabisan ruang memory atau disk space.

2. Jangan terlalu banyak membuat partisi hardisk anda biasanya partisi yang di anjurkan sampai 3 partisi seperti DRIVE C untuk system, DRIVE D untuk file anda dan 1 lagi DRIVE E untuk file anda yang lain.
fungsinya untuk membagi atau ,memisahkan file file anda.

3. Jangan terlalu sering menginstal ulang atau memformat hardisk anda, karena akan memperpendek umur hardisk anda.

4. Jangan mematikan komputer anda tanpa mengunakan tombol shut down, karena mematikan komputer atau laptop secara paksa dengan menekan tomboll power off akan cepat merusak hardisk anda bayangkan saja ketika hardisk kita sedang berputar atau sedang berjalan dan membaca lalu dengan seketika di matikan tanpa menghentikan aplikasi yang sedang berjalan atau terbaca oleh hardisk maka hardisk tersebut akan shock dan mmembuat nyaa menjadi bad sector.
 jadi matikanlah laptop anda dengan menggunakan tombol shutdown agar tidak merusak hardisk anda.

5. Jangan menggunakan laptop anda di atas kasur ataupun yang menyerap panas karena suhu yang panas juga akan membuat hardisk cepat rusak dan juga hang. jadi gunakan lah laptop diatas meja ataupun pada area yang tidak menyerap dan membuat panas laptop anda.

6. Gunakanlah aplikasi antivirus untuk memindai dan menghapus virus untuk menjaga komputer dan hardisk anda aman dari serangan virus berbahaya yang menyebabkan kinerja komputer anda buruk dan merusak sistem dan hardisk. karena virus juga merupakan salah satu penyebab hardisk anda rusak.

7. Gunakanlah aplikasi defragment untuk mendefrag hardisk anda dan mmenghindari fragmentasi yangg bisa membuat kinerja hardisk atau komputer anda menurun. akan tetapi anda harus teratur dalam menggunakannya karena kalau terlalu sering melakukan defragment juga tidak baik, jadi biasanya gunakanlah aplikasi ini ketika perlu atau tergantung penggunaan dari komputer anda, aplikasi ini terdapat pada bawaan instalasi diwindows anda. gunakanlah minimal 1 atau 2bulan sekali atau tergantung pemakaian komputer atau laptop anda.

8. Untuk komputer Pc alangkah baiknya anda mengguakan stabilizer atau stavolt untuk menghindari aliran listrik yang mati mendadak karena bisa menyebakan hardisk pcanda cepat rusak karena listrik yang tidak stabil atau karena sering mati mendadak.

9. Menghapus file file yang tidak anda gunakan atau tidak penting pada hardisk anda , karena semakin banyak ruang kosong di hardisk anda maka kinerja hardisk anda akan lebih baik.

10. Jaga hardisk agar terhindar dari guncangan atau benturan misalnya laptop anda jatuh atau terbentur benda keras maka hardisk akan cepat rusak.

10 Cara Merawat Hardisk Dengan Benar Agar Kinerja Komputer Tidak Menurun

Itulah artikel tentang cara merawat hardisk dengan benar agar kinerja komputer anda tidak menurun versi tasikota.
Kesimpulan nya, rawat lah hardisk anda dengan sebaik-baiknya agar awet dan data atau file anda tersimpan dengan aman gunakanlah cara diatas untuk menjaga hardisk anda terhindar dari kerusakan.


tasikota.com
penulis : iwan setiawan
Post a Comment